Sunday 18 December 2016

Gambar Pulau Maitara dan Tidore di Pecahan Uang Seribu Rupiah


Tahukah anda bahwa lukisan Pulau Maitara dan Tidore yang terdapat pada uang kertas seribu rupiah tersebut benar-benar ada dan bukan sekedar lukisan imajiner belaka? Cerita ini berawal saat kunjungan saya ke Pulau Ternate. Ada obrolan yang sengaja saya lontarkan ke seorang kawan mengenai lokasi pengambilan gambar yang ada di uang kertas seribu tersebut. Dengan antusias kawan saya yang kebetulan asli orang Ternate menjelaskan bahwa dia mengetahui lokasinya.

Tanpa pikir panjang saya langsung menyusun rencana untuk mengunjunginya. Dan ternyata untuk mendapatkan lokasi yang benar-benar persis dengan yang ada di uang seribu tersebut perlu sebuah perjuangan. Buktinya sampai tiga lokasi saya kunjungi.

Pencarian lokasi pertama adalah dengan mengunjungi sebuah villa yang konon milik Mantan Walikota Ternate. Dengan membayar sebesar Rp. 5.000 kami bisa masuk kedalam, dan ternyata dari atas villa gambar yang bisa kami ambil tidak sama persis. Terlihat pulau Maitara berada ditengah menutupi Pulau Tidore.

Karena tidak sama maka kami mencoba keberuntungan yang kedua yaitu dengan mengunjungi sebuah lokasi tanah kosong yang terletak didekat Universitas Khairun Ternate. Disinipun sepertinya juga tidak sama persis. Lautan tampak kurang luas dan daratan cukup mendominasi.

Walaupun sudah dua lokasi kami kunjungi dan hasilnya tidak sama persis, namun keyakinan saya tetap mengatakan bahwa lokasi ini benar-benar ada, makanya saya tidak putus asa. Dari hasil tanya sana sini akhirnya saya mendapatkan jawabannya yaitu lokasinya berada di Pantai Fitu. Dan begitu sampai disana tereteeeet........ keindahan Gunung Maitara dan Gunung Tidore yang berduaan mesra mengguncang selera.....hahay.... Langsung saya mulai ritualnya yaitu mengeluarkan uang pecahan seribu rupiah dan mengambil beberapa foto dengan latar belakang Gunung Maitara dan Gunung Tidore.


Akhirnya rasa penasaran ini terlampiaskan....dan sampai di hotel tempat kami menginap saya pun bisa tidur dengan nyenyak....hehe....

No comments:

Post a Comment