Thursday 29 December 2016

Berenang dengan Hiu di Pulau Menjangan Besar


Seumur-umur saya belum pernah membayangkan bisa berenang di dekat predator lautan yang bernama Hiu. Pengalaman menegangkan ini saya dapatkan saat berada di Pulau Menjangan Besar.


Tidak seperti kebanyakan pulau–pulau lainnya yang menawarkan keindahan pantai untuk menarik pengunjung. Pulau Menjangan Besar ini tampil beda dengan Penangkaran hiunya. Di Pulau ini terdapat penangkaran hiu yang terdiri dari 2 kolam yaitu kolam pertama berisi hiu berusia muda berjumlah sekitar 10 ekor, sedangkan kolam kedua berisi hiu yang berusia tua berjumlah sekitar 15 ekor.


Salah satu jenis ikan hiu yang terdapat di sini adalah hiu sirip hitam dan hiu sirip putih. Hiu jenis tersebut lebih menyukai dan memilih habitat di perairan dangkal berpasir dan bahkan ada yang memilih untuk tinggal di perairan payau dan sungai air tawar.

Pulau menjangan besar merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan Pulau utama Karimunjawa. Pulau Menjangan Besar dapat ditempuh kurang lebih sekitar 15 menit dari Karimunjawa dengan menggunakan kapal wisata.


Oh ya menurut pengelola, untuk menjaga keselamatan para pengunjung, maka sebelum masuk ke dalam kolam pastikan tidak ada luka di tubuh, karena hiu sangat sensitif dengan bau darah yang dapat membuatnya agresif.

Selain Hiu disini juga terdapat bermacam-macam penangkaran binatang laut seperti Bintang Laut, dll.
 


Seru banget kan? jadi tunggu apalagi, cobain deh liburan di Karimunjawa dijamin puas.



No comments:

Post a Comment