Saturday 29 October 2016

Air Terjun Jantur Doyan di Muara Teweh


“Ke Muara Teweh tanpa mengunjungi obyek wisata air terjun Jantur Doyan sepertinya ada yang kurang”, kata teman saya. Ya sepanjang dalam konteks mengenalkan potensi yang ada di daerahnya kalau menurut saya sah-sah saja.

Memang sih di Kabupaten Barito Utara atau biasa disingkat Batara ini terdapat sebuah obyek wisata Air Terjun yang cukup menarik untuk dikunjungi, selain lokasinya yang hanya berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat Kota, jalan untuk menuju ke lokasi juga sudah beraspal mulus.

Terdapat gerbang masuk yang besar. Di dekatnya, ada sebuah warung dan lahan untuk parkir mobil. Sebenarnya mobil maupun sepeda motor bisa masuk ke dalam jika kondisi jalan sedang kering.

Jarak kawasan air terjun dengan gerbang sekitar 500 meter. Selama perjalanan menuju lokasi, di kiri dan kanan jalan, terdapat pepohonan yang besar, teduh, dan sangat sejuk. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, ada tangga kayu yang didesain sedemikian rupa sehingga pengunjung betah berada di lokasi tersebut.

Air terjun itu memiliki tinggi sekitar empat meter. Di bawah air terjun, terdapat hamparan berbatuan yang mengalirkan air terjun ke sungai kecil. Di samping kiri dan kanan, tampak tebing yang curam membentuk 90 derajat.

Seperti biasanya beberapa dokumentasi sempat saya abadikan ketika berada di lokasi :
 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment