Wednesday 19 October 2016

Taman Pesisir Teluk Tomini di Tomoli


Teluk Tomini merupakan salah satu teluk terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 6 juta hektar dengan potensi sumberdaya alam yang kaya dan unik. Dalam pembagian kawasan keanekaragaman hayati, Teluk Tomini berada di zona Wallacea, yang dalam sejarahnya merupakan kawasan terpisah dari Benua Asia maupun Australia. Teluk Tomini tergolong perairan semi tertutup yang bersinggungan langsung dengan tiga provinsi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo dengan 14 kabupaten/kota serta 23 muara daerah aliran sungai.

Ekosistem Teluk Tomini sebagai salah satu dari 26 kawasan andalan laut nasional memiliki potensi sumberdaya pesisir dan laut yang sangat berlimpah bagi pengembangan kawasan wisata bahari dan lumbung pangan nasional.  Kawasan Teluk Tomini mencakup ekosistem terumbu karang, padang lamun dan mangrove serta pantai wisata dan pelabuhan laut.

Saat ini kawasan Teluk Tomini dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat untuk berbagai aktifitas, diantaranya penangkapan ikan, pariwisata, pelabuhan dan kawasan konservasi.

Seperti halnya lokasi yang pernah saya kunjungi yaitu di desa Tomoli, Kec Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong. Disini pemerintah sepertinya tengah  mengembangkan potensi wisata baru dengan menanam tanaman manggrove dan memasang beberapa peringatan untuk mengajak masyarakat berperan serta dalam melindungi kelestarian kawasan ini. 

No comments:

Post a Comment