Monday 11 July 2016

Indahnya Danau Kastoba


Tidak heran jika program traveling Trans TV “My Trip My Adventure” pada bulan Januari 2015 yang lalu memilih Pulau Bawean untuk di explore dan ditayangkan di layar kaca pada bulan Februari 2015. Hal ini karena keindahan alam yang ada di pulau ini.
 

Salah satu lokasi yang dipilih adalah Danau Kastoba. Danau yang indah dengan air danau nya yang jernih dan tenang, pepohonan di hutan yang mengelilinginya tumbuh rapat dengan cabang dan daun sampai ke permukaan danau menambah asri suasana disekitar danau, hal ini membuat siapa saja yang berkunjung pasti akan merasa nyaman dan ingin berlama-lama singgah disini.

Danau Kastoba memang terletak di tengah-tengah perbukitan, seperti mangkok yang dibentuk oleh bukit yang mengelilinginya. Posisi danau ini menyebabkan airnya dingin dan segar. 

Hari Minggu tanggal 10 juli 2016, saya beserta beberapa orang kawan datang ke Danau Kastoba. Kedatangan saya ke lokasi ini adalah yang kedua kalinya sejak kunjungan pertama pada tahun 2006 silam. Tidak banyak perubahan yang terjadi dilokasi danau, hanya saja akses untuk menuju ke lokasi ini jauh lebih baik dibandingkan yang dulu.

Seperti biasa rasa penasaran akan cerita sebuah lokasi selalu melekat dalam otak saya.....hehe....beruntunglah saya dipertemukan dengan Pak Sanwan salah seorang Juru Kunci Danau Kastoba. Ya paling tidak ada beberapa informasi yang bisa saya dapat dari beliau. Misalnya cerita hikayat tentang sebatang Pohon Kastoba milik Ratu Jin tumbuh subur di tengah pulau. Pohon ini sangat berkhasiat sehingga Ratu memerintahkan dua ekor Burung Gagak putih untuk menjaganya. Tetapi burung tersebut memberikan daunnya ke seorang pemuda buta yang kemudian sembuh. Ratu Jin murka dan mencabut  Pohon Kastoba. Dari lubang bekas pohon keluar lah air yang kemudian membentuk Danau Kastoba.

Untuk masuk ke lokasi Danau Kastoba tidak dipungut biaya. Hanya saja apabila kita mau menyumbang disediakan kotak amal dipintu gerbang masuk lokasi danau.
Dan berikut beberapa dokumentasi lainnya yang sempat saya abadikan di lokasi Danau Kastoba.
 
 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment