Saturday 27 January 2018

Menulis dan Motivasi Saya



Tidak terasa tahun 2018 adalah tahun ke tujuh saya menulis di blog Wiyak Bumi Wiyak Langit. Kurang lebih 300 judul tulisan sudah saya unggah. Dan tentunya hal tersebut saya lalui dengan banyak cerita. Karena bagi saya menulis adalah bagian dari merangkai kenangan, memadukan mozaik-mozaik yang terserak disepanjang jejak perjalanan dan menjadikannya abadi sepanjang masa.

Ada beberapa kawan yang menanyakan kepada saya, kenapa harus repot meluangkan waktu seperti itu ? sebenarnya sudah pernah saya ceritakan mengenai motivasi saya akan hal ini, salah satu dorongan yang membuat saya terus untuk menulis adalah bagaimana agar otak saya bisa terus bekerja, menganalisa, mencatat berbagai hal menarik dan membaginya lewat tulisan di blog.

Selain itu ada kalimat Inspiratif dari Alm. Pramoedya Ananta Toer yaitu seorang tokoh penulis novel terkenal sekaligus kontraversial di Indonesia yang menurut saya cukup menginspirasi, beliau pernah berkata “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Saya teringat betul saat pertama kali menulis. Untuk menceritakan satu peristiwa saja saya membutuhkan waktu yang sangat lama, karena menulis adalah kegiatan yang kelihatannya sederhana namun memerlukan latihan.

Menulis bukan pekerjaan yang sulit melainkan juga tidak mudah. Untuk memulai menulis, setiap penulis tidak perlu menunggu menjadi seorang penulis yang terampil. Belajar teori menulis itu mudah, tetapi untuk mempraktikkannya tidak cukup sekali dua kali. Frekuensi latihan menulis akan menjadikan seseorang terampil dalam bidang tulis-menulis.

Akhirnya, disinilah saya saat ini. Ekspektasi saya dengan menulis sesungguhnya sederhana saja, saya ingin berbagi dan mengabadikan eksistensi. Menjelmakan tulisan-tulisan yang saya buat membuat “tetap hidup” bahkan ketika saya sudah tak berada di dunia fana ini. Saya berharap jejak-jejak ini tak sekedar sebagai kenangan yang tak pernah sirna dibenak orang-orang yang mengenal saya namun juga menjadi hikmah, manfaat bahkan hiburan bagi yang membacanya.

Dan saya akan tetap eksis, hadir dan mengalir melalui tulisan-tulisan....Insya Allah....





No comments:

Post a Comment