Saturday 23 January 2016

Cagar Budaya Situs Candi Arimbi



Setelah Membaca sejarah The Great Majapahit ingin rasanya saya menulis tentang sebuah candi yang konon merupakan pintu gerbang kerajaan Majapahit sebelah selatan. Candi tersebut bernama Candi Arimbi. Berlokasi di Dusun Ngrimbi, Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, candi ini masih kokoh berdiri  meski belum pernah ada pemugaran. Seluruh bangunan candi terbuat dari batu andesit.
Candi Rimbi merupakan candi Syiwa, diduga candi ini dibangun pada pertengahan abad ke-14, sebagai penghormatan kepada Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani yang memerintah Majapahit pada tahun 1329-1350. Dugaan ini didasarkan pada ditemukannya dua buah arca Dewi Parwati, yang diperkirakan merupakan pencerminan Dewi Tribhuwana. Kedua arca tersebut saat ini tersimpan di Museum Trowulan dan Museum Nasional.

Nama Arimbi sendiri merupakan nama salah satu tokoh pewayangan Mahabarata yakni Dewi Arimbi yang merupakan istri dari Prabu Bima Sena atau Werkodoro, salah satu Pendawa Lima. Konon, Dewi Arimbi yang merupakan adik dari Raja Raksasa Prabu Arimbo ini dimakamkan di salah satu tempat di  dusun tersebut, sehingga nama dusun ini dinamakan sebagai Dusun Ngrimbi.

Sumber lain menyebutkan bahwa candi tersebut merupakan petilasan tempat peristirahatan anggota kerajaan Majapahit. Pendapat tersebut bisa jadi benar sebab, suasana yang sejuk di tempat tersebut memberikan kenyamanan bagi anggota kerajaan ketika berada di lerang Gunung Anjasmoro.

No comments:

Post a Comment