Wednesday 3 December 2014

Berwisata Menara di Masjid Al-Akbar Surabaya



Kalau kita naik pesawat dan akan mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya yang ada di Sidoarjo, maka akan tampak kubah masjid yang berwarna biru. Ya...itulah Kubah Masjid Nasional Al Akbar atau sering juga disebut Masjid Agung Surabaya yang merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kota Surabaya-Jawa Timur. Adapun posisi masjid ini berada di samping jalan tol Surabaya-Porong. Atau lokasi tepatnya di jalan Pagesangan, kecamatan Jambangan,  Surabaya. 
Sebenarnya sudah lama saya ingin mengajak anak saya untuk berkunjung kesana, nah kebetulan saudara saya memilih melangsungkan pernikahannya di Masjid tersebut, jadi akhirnya kami berkesempatan untuk kesana.
Yang menarik dari Masjid Al Akbar Surabaya yaitu selain Masjid berfungsi sebagai tempat ibadah juga ada beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti kantor sekretariat, ruangan Zaitun dan Yasmin yang disediakan untuk para Haji serta pembacaan dan penyuluhan agama, As-Shofa ruangan Al-Marwah yang memiliki luas 36 m x 42 m persegi dan dapat menampung 2000 undangan dilengkapi dengan karpet panggung, sound system, AC, 3 spot wifi, 100 buah kursi, ruang ganti dan toilet. Selain itu disana juga ada wisata menara yang tingginya 99 m atau sama dengan jumlah asmaul husna. Kita bisa melihat kota Surabaya, Sidoarjo dan Bangkalan dari atas menara tersebut.
Wisata Menara dibuka setiap hari untuk umum, yaitu Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB dan Minggu pukul 07.00-16.00 WIB. Harga tiket untuk naik menara terbilang sangat murah yakni Rp 5000/orang.


Untuk naik ke menara menggunakan lift dengan kapasitas 550 kg (8 orang). Di atas menara 99 meter tersebut, kami dapat melihat kubah masjid yang besar berwarna biru, gedung-gedung sekeliling Masjid Al Akbar dan pemandangan kota Surabaya. 
Di atas menara juga tersedia fasilitas kantin yang memadai, sehingga para pengujung bisa melihat pemandangan dari ketinggian dengan ditemani makanan ringan dan cemilan.






Itulah sekelumit cerita kami berwisata menara di Masjid Agung Surabaya.

No comments:

Post a Comment