Saturday 8 February 2020

Legenda Batu Sife / Batu Ayam di Pulau Asutubun


Selalu ada cerita di setiap perjalanan, kisah cerita ini saya dapat dari rekan-rekan pemuda Saumlaki yang berkunjung ke Pantai Sife di Pulau Asutubun bersama saya. Dengan menaiki perahu motor, kami bertujuh menyusuri pantai Pulau Yamdena untuk sampai di Pantai Sife.

Beberapa dari kami banyak yang tidak tau akan pantai sife, hanya 2 orang saja yang sudah pernah kesana.

Terik matahari yang menyengat dan goyangan ombak menemani kami sepanjang perjalanan diatas perahu selama 1,5 jam. Ketika sudah mau sampai di Pantai, teman saya menunjuk ke batu karang sambil bilang, disitu letaknya batu sife. Saya pun bertanya Batu Sife itu apa ? Dia bilang bahwa Batu Sife adalah Batu Ayam.

Konon Batu Sife adalah jelmaan dari ayam peliharaan Inkelu, makhluk halus penunggu pantai sife. Banyak orang yang mengatakan, bahwa setiap kali mereka datang ke pantai sife terdengar suara ayam berkokok. Padahal, sama sekali tak ada seekor ayam pun hidup di sana. Konon, suara tersebut merupakan ayam milik Inkelu yang telah berubah menjadi batu.

Karena penasaran saya mengajak beberapa kawan naik ke batu karang untuk melihat dari dekat. Memang butuh perjuangan untuk sampai di Batu Sife ini. Karena karangnya sangat tajam, jadi harus berhati- hati. Setelah sampai di atas karang saya mengambil beberapa dokumentasi.







No comments:

Post a Comment