Tuesday 25 February 2020

Bertemu dengan Warga Korban Gempa Lombok


Bak menyisir ingatan ketika saya berkesempatan mengunjungi beberapa lokasi yang terdampak gempa Lombok dan bertemu dengan puluhan warga yang menjadi korban.

Peristiwa yang sangat mengerikan tersebut terjadi ketika gempa dengan kekuatan 7 Magnitudo mengguncang Lombok tanggal 05 Agustus 2018 pukul 19.46 Wita. Saat itu saya berada di Pantai Senggigi dan ikut bergabung bersama ribuan warga yang panik atas kejadian tersebut. Dilaporkan warga meninggal mencapai 381 orang, luka-luka 1033 orang dan kerugian rumah mencapai 22.721 unit yang rusak.

Hari ini tanggal 25 Februari 2020 saya menyusuri sisi barat dan utara Pulau Lombok mulai dari Pantai Ampenan, Senggigi, Pemenang, Tanjung, Bayan sampai Senaru di Kaki Gunung Rinjani untuk sebuah tugas dan berkesempatan bertemu dengan para korban.

Gempa tersebut sungguh menyisakan berbagai kisah pilu dan duka bagi warga Lombok. Guratan sedih masih terlihat jelas di wajah-wajah orang yang saya temui. Banyak dari mereka meratapi rumahnya yang hancur saat gempa terjadi.

Namun kita harus apresiasi langkah sigap pemerintah dan berbagai elemen yang bahu membahu membuat Lombok bangkit kembali.

No comments:

Post a Comment