Tuesday 17 December 2019

Balada Tugas di Indonesia Timur


Hampir 1,5 bulan ini saya berkeliling di wilayah Indonesia Timur, setidaknya ada 12 Pulau yang yang saya singgahi secara estafet, antara lain :

Pulau Sulawesi
Pulau Buton
Pulau Muna
Pulau Wangi-wangi
Pulau Ternate
Pulau Tidore
Pulau Halmahera
Pulau Morotai
Pulau Bacan
Pulau Sula
Pulau Ambon
Pulau Buru

Tentunya banyak pelajaran, pengalaman serta hal-hal baru saya alami selama perjalanan. Dan yang paling membuat saya beradaptasi adalah soal waktu.

Bagi kami yang bertugas di Indonesia timur serasa mempunyai waktu kerja lebih lama dibanding dengan rekan-rekan yang ada di Indonesia Barat. Memang kita ketahui bahwa Indonesia di bagi menjadi 3 zona waktu yaitu Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur. Bagi kami di Indonesia Timur mempunyai selisih waktu 2 jam lebih cepat dibanding Indonesia Barat.

Kembali ke soal waktu kerja lebih lama, jadi begini ketika di Indonesia Timur pukul 08.00 kami sudah berada di Kantor dan melakukan aktivitas, sementara kawan-kawan di Indonesia Barat mungkin baru bangun dan lanjut mandi karena masih pukul 06.00 pagi, hehe....

Misal kita kirim laporan dan lain-lain ke teman-teman di Indonesia Barat, ya jelas belum ada yang baca. Saat di Indonesia Timur sudah jam 17.00 dan giliran waktunya kita pulang kerja, teman-teman di Indonesia Barat mungkin lagi semangat-semangat nya karena masih jam 15.00.

Dan kerap kali kami baru menerima respon email dan telepon saat kami sudah mandi dan pulang kerja. Jadi rasanya tidak lagi 8 jam kerja, bisa lebih.

Ya itu memang sebuah resiko dari adanya perbedaan waktu di Indonesia. Namun saya percaya bahwa segala sesuatu itu pasti ada sisi positifnya. Ya paling tidak kami di Indonesia Timur lebih awal melihat matahari dan tentunya aktifitas kami yang lebih dulu akan membawa dampak dalam segala hal...Aamiin....😊😊😊

No comments:

Post a Comment