Saturday 27 September 2014

Taman Wisata Air Panas Guci


Guci adalah sebuah nama objek wisata di kawasan Jawa Tengah yang terkenal akan sumber air panasnya. Pemandian air panas ini terletak di kaki Gunung Slamet, lebih tepatnya di Kecamatan Bumiwijaya, Tegal, Jawa Tengah. 
Daerah guci awalnya bernama Kaputihan. Menurut masyarakat, daerah tersebut berganti nama menjadi guci karena pada zaman dahulu kawasan Kaputihan sedang dilanda penyakit masal yang banyak menyerang warga sekitar. Di waktu yang hampir bersamaan, datanglah utusan dari Sunan Gunung Jati yang bernama Elang Sutajaya, melihat keadaan tersebut, Eyang Sutajaya kemudian berdoa memohon petunjuk kepada Yang Maha Kuasa. Setelah beberapa saat, Sunan Gunung Jati datang dan memberikan air didalam guci yang sudah didoakan untuk menyembuhkan penyakit warga desa tersebut. Selain itu, Sunan Gunung Jati juga mendoakan sumber mata air di daerah tersebut agar bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Karena Guci peninggalan Sunan gunung jati ditinggal di tempat tersebut, maka pemimpin desa tersebut mengubah nama kaputihan menjadi guci untuk mengenang jasa Sunan Gunung Jati.   
Ketika berada disana sengaja saya tidak berendam di pemandian umum, saya berendam di kolam pemandian hotel dengan alasan lebih bersih dan nyaman.
 
Berlokasi di Kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, dengan suasana alamnya yang sejuk dengan udara dingin, membuat siapa saja yang datang kesini pasti kedinginan dan ingin menghangatkan diri dalam sensasi hangatnya Air Panas Guci.
Tiket masuk ke lokasi
Karcis kendaraan
Gunung Slamet
Hotel tempat saya menginap
Tata tertib kolam renang air panas alami

No comments:

Post a Comment