Sunday 14 September 2014

Getuk Goreng Khas Sokaraja Kabupaten Banyumas



Setiap daerah pastinya mempunyai sesuatu yang khas, seperti kota yang sempat saya kunjungi yaitu Sokaraja merupakan kota kecil yang terletak sekitar 7 km timur Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Kota yang masyarakatnya menggunakan bahasa Jawa dengan dialek Banyumasan atau ngapak ini memang dikenal sebagai pusat oleh-oleh getuk goreng. Bagi anda yang pernah melewati jalur utama selatan Jakarta-Bandung-Jogjakarta-Wonosobo pasti pernah melihat sejumlah pedagang yang menjajakan oleh-oleh getuk goreng. Salah satu kawasan yang menjadi pusat oleh – oleh ada di disepanjang Jl. Jenderal Sudirman Sokaraja. Getuk goreng memang cocok untuk oleh-oleh karena dapat disimpan atau bertahan hingga sepuluh hari. 
Bila Anda ingin mengenal getuk goreng oleh-oleh khas Sukoraja, Banyumas mulai dari cara membuatnya adalah dari singkong, dibumbui gula kelapa dan dikemas dalam besek (orang banyumas menyebutnya piti, yaitu kemasan dari anyaman bambu). Pemilihan besek sebagai kemasan menjadikan getuk goreng sebagai oleh-oleh yang menarik dan unik. Getuk goreng Sokaraja dijual Rp 7.000/besek kecil berisi kurang lebih 4 ons. Ingin getuk yang hangat? bisa saja. Pedagang akan melayani permintaan pembeli dengan senang hati. Getuk bisa digoreng mendadak sehingga anda bisa langsung mencicipinya selagi hangat.

Ada cerita unik dibalik nama besar getuk goreng. Penemuan makanan khas getuk Sokaraja ini justru berawal dari ketidak sengajaan Pak Sanpringad, seorang penjual nasi keliling yang juga membuat getuk basah sebagai salah satu dagangannya. Getuk basah yang beliau dagangkan tidak bisa terjual semua dan tidak mungkin dijual lagi karena pasti sudah basi. Dari sinilah lalu muncul ide untuk menggoreng getuk basah tadi agar awet, bisa tetap dikonsumsi dan kemudian bisa dijual. Tidak disangka, ternyata resep baru tersebut digemari oleh para pembeli dan menjadi kuliner khas kota tersebut. Cemilan ringan inipun terus berkembang. Sekarang getuknya tidak berasal dari getuk yang tidak laku dijual tapi dari getuk yang memang sengaja untuk digoreng. Peminatnya pun kian hari kian bertambah. Dari hanya Pak Sanpringad yang menjual, sampai sekarang terdapat puluhan toko penjual getuk goreng di kota Sokaraja. Awalnya getuk goreng hanya mempunyai satu rasa dan aroma yaitu gula merah, tapi sekarang ada rasa dan aroma baru, coklat, durian, nangka  dan lain-lain.





No comments:

Post a Comment