Saturday 14 December 2013

Tugu Equator di Pangkalan Lesung


Ketika saya melintasi jalan lintas timur Pulau Sumatera, saya sempatkan singgah sejenak di tugu equator yang berada di Dusun Tua, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Riau. Karena perjalanan yang saya tempuh cukup jauh, jadi saya berhenti untuk beristirahat sejenak dan mengambil dokumentasi di tugu yang digunakan sebagai penada batas belahan bumi sebelah utara dan sebelah selatan ini.
Tak heran kalau ditempat ini suhunya cukup panas, karena posisi saya tepat di garis khatulistiwa.



Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah mengunggah di jejaring sosial baik itu di Facebook maupun di blog pribadi saya ( rudysalam18@blogspot.com ) tepatnya bulan Oktober 2013 mengenai tugu khatulistiwa / equator yang ada di Lipat Kain. Sekarang saya sudah berada di penanda garis khatulistiwa yang kedua di Pulau Sumatera yaitu di tugu equator Pangkalan Lesung. Perlu diketahui bahwa di Pulau Sumatera ini terdapat 4 tugu penanda garis khatulistiwa yaitu di Lipat Kain, Pangkalan Lesung, Bonjol dan Koto Alam. 
Nah berikut adalah foto Tugu Equator di Pangkalan Lesung yang sempat saya abadikan.
 

No comments:

Post a Comment