Friday 19 June 2020

Sebuah Pelajaran Hidup Tentang Waktu


Beberapa hari terakhir ini saya banyak mendapat pelajaran tentang konsep waktu. Waktu memeluk semua dalam bentuk masa lalu dan masa depan.

Masa lalu merupakan kejadian-kejadian yang telah tertutup akan kemungkinan-kemungkinan, sedangkan masa depan adalah kemungkinan-kemungkinan yang terbuka.

Kemungkinan tersebut mau kita bawa kemana ? Mau ke hal yang buruk ataukah hal yang baik, itu tergantung apa yang kita lakukan saat ini.

Sebagai contoh kasus, bayangkan apabila terdapat sebuah gelas yang jatuh ke tanah, lalu apa yang akan terjadi? Gelas menjadi pecah. Tapi sebelumnya, pastilah ada yang menyebabkan gelas tersebut jatuh dan menjadi pecah.

Gelas yang telah pecah tidak akan dapat kembali menjadi gelas kecuali ada yang membuat pecahan tersebut menjadi gelas baru lagi. Gelas yang telah pecah inilah yang disebut kemungkinan-kemungkinan yang tertutup (masa lalu), sekaligus terbuka menjadi hal-hal lain selain kepingan gelas (masa depan). Dan itu semua bisa kita cegah pada masa kini. Berhati-hatilah....

#SebuahPelajaranHidup

No comments:

Post a Comment