Friday 26 June 2020

Keunikan Masyarakat Lamalera di Kabupaten Lembata


Sesuatu yang unik dari masyarakat Lamalera yang mendiami Kabupaten Lembata di ujung timur Pulau Flores adalah setiap tahun selama enam bulan, mereka akan berburu ikan paus hanya dengan peralatan sederhana.

Dari berburu tersebut, salah satu hasil olahan nya adalah minyak paus. Minyak paus didapatkan dari kepala paus, dalam sebuah bagian di dalam rongga kepalanya. Warga Lamalera percaya bahwa minyak ikan paus memiliki manfaat terhadap kesehatan.

Saya sangat beruntung karena pernah mencoba meminum minyak ikan paus yang diberikan langsung oleh masyarakat Lamalera.

Konon minyak paus dianggap mampu membersihkan saluran pencernaan dari parasit dan juga diyakini mampu menyembuhkan penyakit dalam.

Selain minyak, produk olahan lain dari ikan paus tentu saja adalah daging dan kulitnya. Biasanya dijual dalam bentuk keripik, rasanya agak asin saat saya mencobanya. Untuk tulang dan sirip dijadikan barang kerajinan.

Tradisi berburu ikan paus ini saya rasa hanya ada di Kabupaten Lembata saja di Indonesia. Semoga ikan paus nya nggak punah ya, agar anak cucu kita kelak masih bisa melihat mamalia laut yang eksotis ini...Aamiin...




No comments:

Post a Comment