Thursday 14 November 2019

Singgah di Kepulauan Wilayah Sulawesi Tenggara

Tulisan ini masih menyambung catatan saya tentang Ekspedisi Keliling Sulawesi Tenggara. Kalau sebelumnya hanya berputar-putar di daratan Sultra dengan jarak lebih dari 1000 KM. Kali ini agendanya menjelajahi kepulauan nya. Pulau pertama yang akan di singgahi adalah Buton. Dari Kendari saya memilih transportasi udara.

Penerbangan dijadwalkan pukul 07.20 WITA, ternyata pesawat ke Buton mengalami keterlambatan dan baru tiba di lokasi pukul 08.30 WITA dari jadwal yang seharusnya pukul 07.50 WITA.

Sesampainya di Pulau Buton saya langsung kejar tayang untuk mengunjungi beberapa titik yang sudah direncanakan. Memang agak terburu-bulu sih tapi bagaimana lagi pukul 13.00 WITA saya harus melanjutkan lagi perjalanan via laut menuju Kota Raha di Pulau Muna.

Perjalanan ke Raha di tempuh dalam waktu 2,5 jam dengan menggunakan Kapal Express Cantika 168. Dan jika dilihat dari rute nya hanya melalui selat, jadi tidak begitu terasa ombaknya. Beda dengan pelayaran-pelayaran sebelumnya yang harus melalui laut lepas, ombaknya begitu terasa.

Pukul 15.30 WITA kapal berlabuh di Raha. Karena sudah sore, saya putuskan untuk menginap disana. Agenda keesokan harinya adalah pergi ke beberapa titik di daratan Muna, antara lain Wamponiki, Lakupodo, Lakudo, Watulea dan Katobu. Jadi persiapan sejak pagi adalah keharusan.

Perjalanan darat dengan aspal yang berlubang pun dimulai. Jarak yang ditempuh lumayan jauh yaitu sekitar 150 KM. Sambil sesekali berhenti istirahat kami menikmati pemandangan yang ada.

Kata teman saya, "Bang... di Muna ini matahari sepertinya lebih dari 1. Panasnya luar biasa". Hehe....memang di Muna panas sekali.

Pukul 17.00 WITA kami tiba di Pelabuhan Waara. Dan saya kembali naik kapal menuju ke Baubau. Karena keesokan harinya ada pulau lagi yang harus disinggahi yaitu Wakatobi.

Ke Wakatobi ada 2 alternatif moda transportasi yang bisa saya pilih, laut atau udara. Mengingat jadwal yang padat saya pilih transportasi udara.