Wednesday 28 August 2019

Kunjungan ke Pulau Sulabes


Pulau Sulabes menjadi pulau ke 59 di Nusantara yang telah saya kunjungi. Di pulau ini terdapat kota yang bernama Sanana, mungkin buat kebanyakan orang belum terlalu mengenal kota ini. Sanana adalah ibukota dari Kabupaten Kepulauan Sula yang merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara.

Untuk mencapai Sanana, saya cukup beruntung karena bisa dapat tiket pesawat. Karena pesawat yang mendarat di Sanana hanya 2 maskapai yaitu Trigana Air dan Susi Air. Sementara penerbangannya tidak setiap hari ada. Jarak Sanana dengan Kota Ternate kurang lebih 284 km dapat dicapai juga dengan menggunakan transportasi kapal laut, dengan waktu tempuh kurang lebih 14-15 Jam. Kapal berangkat dari Pelabuhan A. Yani Ternate yang juga merupakan pelabuhan bongkar muat di Kota Ternate.

Sampai di Sanana, bukan cuman kesepian yang kau dapati, kamu harus berjuang dengan pencarian akan sinyal handphone dan satu-satunya signal yaitu Telkomsel. Hal indah yang ditemui di sini tentu saja karena kota ini masih segar udaranya, pemandangan alam pantai nan eksotis sangat mudah ditemui di kota ini. Kota Sanana yang penduduknya mayoritas beragama Islam, sangat menjunjung tinggi nilai-nilai ibadah dan menghormati waktu shalatnya.

Kabupaten Kepulauan Sula memiliki tiga pulau utama yaitu Pulau Taliabu, Mangole, dan Sulabes. Pulau Sulabes sendiri merupakan pulau terkecil dari tiga pulau utama tersebut.



No comments:

Post a Comment