Saturday 3 August 2019

Kampung Sepak Bola Tulehu


Terdapat sebuah kampung di Ambon yang melahirkan banyak pemain bola yang namanya bertengger di Club Nasional, sebut saja Ramdani Lestaluhu & Ambrizal Umanailo (Persija Jakarta), Hendra Bayauw (Mitra Kukar), Alfin Tuassalamony (PBFC), Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen & Pandi Lestaluhu (PS TNI), Hasyim Kipuw (Bali United) dan Ridwan Tawainella (PSM Makassar). Saya yakin nama-nama tersebut tidak asing lagi di telinga kita sebagai pecinta sepak bola di tanah air.

Sebuah kesempatan yang luar biasa bisa berkunjung ke kampung tersebut. Nama kampungnya adalah Tulehu. Sekilas kampung ini tidak ada bedanya dengan kampung lainnya, sebuah kampung yang berlokasi di pinggir pantai. Dan nelayan adalah mayoritas mata pencaharian penduduknya.


Bahkan kawan saya bilang ini lebih cocok nya disebut kampung nelayan hehe....tapi kalau melihat beberapa nama besar di kancah persepakbolaan Indonesia, sepertinya memang bisa disebut kampung sepak bola. Bahkan ada yang bilang kampung ini adalah Brazil nya Sepak Bola Indonesia.

Untuk melengkapi cerita saya diatas, saya merekomendasikan sebuah film Indonesia yang berjudul "Cahaya Dari Timur Beta Maluku" untuk ditonton. Di film tersebut menceritakan tentang tokoh Sani yang dengan segala keterbatasan mampu membangun dunia sepak bola di Maluku saat konflik berkecamuk di Ambon. Yang jelas bagus sekali filmnya, silahkan ditonton deh....




Cukup dulu ya cerita hari ini, besuk kita sambung di cerita lainnya.

No comments:

Post a Comment