Saturday 8 December 2018

Sedikit Cerita tentang Kepulauan Aru

Selama satu minggu untuk sebuah pekerjaan saya menuju ke Kepulauan Aru, suatu pulau yang bila dilihat di peta berada tepat dibawah pulau Kepala Burung yang merupakan sebutan lain bagi pulau Papua.


Pulau ini terletak di perairan laut Arafura, dan merupakan salah satu pulau terluar Republik Indonesia karena berbatasan langsung dengan benua Australia.

Kepulauan Aru, kalau dilihat dari namanya kita bisa sedikit membayangkan betapa laut berkuasa disana dan menjadi akses penting dalam sistem transportasi. Kurang lebih ada 700 pulau besar dan kecil di kabupaten ini dengan 119 desa tersebar di pulau-pulaunya.

Kalau dilihat di peta, mayoritas pulau-pulau tersebut tampak berkumpul menjadi satu dan hanya dipisahkan oleh sungai-sungai sempit yang membelah dari barat ke timur.


Kenyataannya itu bukan sungai, namun selat karena celah itu berisi air asin dengan hamparan bakau sepanjang aliran sungainya. Mayoritas desa-desa di Aru terletak di tepi laut atau selat tersebut dan membuat kapal dan speedboat menjadi alat transportasi utama di Kabupaten ini. Dobo adalah ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru. Sebuah kota kecil penghasil mutiara terbaik di negeri ini.

Nah itulah sedikit cerita tentang kepulauan Aru. sebenarnya ada beberapa cerita lagi. tapi untuk hari cukuplah dulu ya..




No comments:

Post a Comment