Friday 25 August 2017

Berkunjung ke Tugu Pahlawan Surabaya

Mumpung masih berada di bulan Agustus rasanya ingin sekali corat-coret tulisan yang bernuansa perjuangan. Lokasi yang saya pilih kali ini adalah Tugu Pahlawan Surabaya. Percaya atau tidak, pertama kali saya hijrah ke Surabaya untuk menimba ilmu sekitar 18 tahun yang lalu, namun baru kali ini saya memasuki pelataran area tugu pahlawan. Aneh memang, karena lokasi bersejarah bagi perjuangan arek-arek Surabaya ini malah belum pernah mengisi wall blog Wiyak Bumi Wiyak Langit.


Kita tau semua bahwa 10 November diperingati sebagai hari pahlawan untuk memperingati pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945. Indonesia sebenarnya sudah mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, namun tentara Belanda yang masih ingin menguasai Indonesia terus berusaha menyerang Indonesia. Maka pertempuran tidak bisa dihindarkan.


Untuk memperingati peristiwa ini, maka dibangunlah Tugu Pahlawan di Surabaya. Monumen yang berdiri di jalan Pahlawan Surabaya ini diresmikan pada tanggal 10 November 1951, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. 






Nah bagi anda yang berdomisili atau bekerja di Surabaya sangat disayangkan jika belum pernah berkunjung kesini. 




No comments:

Post a Comment