Saturday 20 August 2016

Berkunjung ke Tugu Gerhana Matahari di Kota Palu



Indonesia adalah negara yang dikaruniai banyak anugrah oleh Yang Maha Kuasa. Tidak hanya kekayaan alam dan panorama nya yang luar biasa. Namun berbagai momen langka juga pernah terjadi disini. Sebagai contoh masih teringat dengan jelas dibenak kita peristiwa gerhana matahari total pada tanggal 9 Maret 2016 yang lalu dimana jalur gerhana sebagian besar melewati kota-kota yang ada di wilayah NKRI yaitu dimulai dari Palembang, Bangka Belitung, Tanjung Pandan, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, luwuk, Ternate dan Halmahera.


Mungkin sebagian ada yang bertanya apa sih menariknya momen ini ? hehe...ya nggak apa-apa namanya juga bertanya boleh kan....Jadi begini gerhana matahari total adalah sebuah momen langka yang tidak terjadi setiap tahun. Tidak setiap daerah mendapat kesempatan menikmati momen alam yang menakjubkan ini. Beruntunglah masyarakat Indonesia karena sejak Indonesia merdeka sudah terjadi sembilan kali gerhana matahari total.

Saya sendiri pada saat terjadi momen langka tersebut sebenarnya ingin sekali datang langsung ke kota-kota yang dilalui gerhana, namun Tuhan belum memberikan rejeki kesempatan kepada saya. Beruntunglah saat itu ada media yang menyiarkannya secara langsung. Jadi saya bisa mengikutinya walaupun tidak harus berkunjung ke lokasi.

Dan baru kali ini saya mendapat kesempatan untuk berkunjung langsung ke salah satu lokasi yang dilalui gerhana yaitu Kota Palu, Sulawesi Tengah. Hal yang pertama kali terlintas dalam pikiran saya saat berada di kota ini adalah ingin berfoto di area Tugu Gerhana.

Bersama beberapa orang kawan saya pergi ke Tugu Gerhana yang berada di Pantai Talise Palu untuk mewujudkan keinginan tersebut, dan beberapa jepret kamera sudah saya ambil di lokasi ini untuk dijadikan dokumentasi.
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment