Monday 7 March 2016

Ada yang menarik di lambang Kabupaten Ngawi



Setelah beberapa hari di Ngawi, saya baru sadar kalau ada sesuatu yang menarik di lambang yang ada di Kabupaten ini. Tepat di tengah lambang terdapat sebuah tulang batok kepala dan tulang paha berwarna kuning di dalam nyala api. Awalnya saya mengira ada kekeliruan dalam menggambar. Lalu saya coba lihat di tempat yang lain, eh...ternyata sama.

Dari situ mulailah timbul rasa penasaran. Saya mencoba menggali info dari berbagai sumber, ternyata gambar ini justru merupakan suatu kebanggan dari Ngawi. Konon nama Ngawi bisa menembus dunia internasional dikarenakan ada tulang tersebut hehe.....Tulang yang dimaksud adalah tulang manusia purba Pithecanthropus Erectus (manusia purba berjalan tegak) yang ditemukan oleh Eugene Dubois di desa Trinil Ngawi. Oleh Dubois, manusia purba tersebut dimaksudkan sebagai missing link dari Teori Darwin yang menghubungkan antara kera dan manusia.

Ya...setiap daerah di Indonesia memiliki lambang yang berbeda dengan daerah lainnya. Lambang dijadikan identitas suatu tempat yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Lambang menjadi sebuah kebanggan penduduk suatu wilayah. Lambang sering terlihat dipintu masuk menuju kabupaten yang dimaksud, ditempel di instansi-instansi pemerintah hingga menempel pada baju anak-anak sekolah. Setiap lambang memiliki simbol-simbol yang memiliki arti dan makna yang harus ditafsirkan apa sebenarnya maksud dari gambar tersebut. Kabupaten Ngawi adalah pintu gerbang menuju propinsi Jawa Timur. Ngawi terletak di kawasan Jawa Timur bagian barat yang berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Tengah. Ngawi terletak di daerah pegunungan tinggi yang terkenal sedikit air saat musim hujan khususnya Ngawi bagian utara, sedangkan Ngawi bagian selatan merupakan rangkain pegunungan yang termasuk dalam rangkaian gunung Lawu. Daerah Ngawi adalah daerah yang sangat subur, di sepanjang jalan raya terlihat nampak hijau dedaunan khususnya pohon jati yang merupakan pohon terbanyak di Ngawi. Di daerah lembah sungai bengawan Solo banyak juga ditumbuhi pohon bambu. Nama Ngawi sendiri katanya berasal dari bambu yaitu dalam bahasa sansekerta disebut awi.

Berikut ini adalah lambang dari salah satu kabupaten terkenal yang ada di Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Ngawi :


No comments:

Post a Comment