Wednesday 16 April 2014

Nasi Grombyang Khas Pemalang



Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengunjungi salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Tengah. Nama Kabupatennya yaitu Pemalang. Saya masih teringat ucapan teman saya “Ini Pemalang Masbro, bukan Malang, kalimat yang patut untuk ditegaskan kepada siapapun yang berada di muka bumi ini.” Yah, sebuah kutipan agak lebay kalau menurut saya. Namun itulah.....sesuatu yang ingin ia kenalkan kepada dunia akan existensi kota kelahirannya.

Menurut teman saya.... salah satu cara untuk mengenalkan Pemalang kepada dunia adalah dengan mengenalkan ciri khasnya antara lain adalah kuliner. Yups, Berbicara Pemalang tentunya sangat identik dengan Nasi Grombyangnya.


Nasi Grombyang merupakan Kuliner Pemalang berupa sajian soto yang berbahan daging sapi/kerbau dengan potongan lumayan besar yang dihidangkan dalam mangkuk lengkap dengan nasinya. Penyajian seperti inilah (nasi berkuah/grombyang-grombyang) yang akhirnya menjadi nama kuliner ini, Nasi Grombyang. Tidak hanya itu, ada persepsi lain yang menyebutkan bahwa nama grombyang sendiri diambil dari kuali besar tempat Nasi Grombyang sebelum disajikan.

Potongan daging yang menyumbul ke permukaan dan taburan daun bawang yang menggoda, wuih nikmat. Tambah sambal dikit biar lebih joss. Yang paling terkenal adalah Nasi Grombyang Pak Warso.

Kalo lagi makan jangan lupa update status FB, Twitter atau forusquare biar keren yah, biar Nasi Grombyang makin terkenal di dunia nyata dan dunia maya hehe.....pesan teman saya.
Harga seporsi untuk Kuliner Pemalang Nasi Grombyang pada umumnya adalah Rp 14.000. Untuk sate kerbau/sapi pelengkapnya cukup Rp 3.000 saja. Harga ini tidak tetap, artinya akan terupdate seiring berjalannya waktu dan harga sembako, weks.



Di Pemalang, yang paling terkenal adalah Nasi Grombyang Pak Warso. Lokasinya di Jl. RE Martadinata atau (+/-) 100m utara alun-alun Kota Pemalang.
Di sini selain menikmati makanannya kalian juga akan mendapatkan suguhan musik campursari, nyumbang seikhlase. Warung Nasi Grombyang Pak Warso ini kira-kira dapat menampung 50-60 orang.
 


No comments:

Post a Comment