Thursday 28 September 2017

Mengunjungi Tugu Kilometer Nol Indonesia di Sabang



Sejak tahun 2013 silam sebenarnya saya sudah mempunyai rencana untuk mendatangi Tugu Kilometer Nol Indonesia yang berada di Sabang. Namun karena terkendala beberapa hal akhirnya saya tidak jadi berangkat. Dan alhamdulillah di tahun 2017 saya berkesempatan untuk mengunjungi titik batas penanda wilayah paling barat Indonesia ini.



Tugu Kilometer Nol mempunyai tinggi sekitar 22,5 meter berbentuk lingkaran berjeruji. Saat berada di sini, tugu Kilometer Nol kondisinya sedang direnovasi.
 

Sebuah prasasti marmer hitam menunjukkan posisi geografis tempat ini yaitu berada pada Lintang Utara 05 54' 21,99" Bujur Timur 95 12' 59,02".

Tugu ini berdiri di sebuah bukit yang sepi dengan laut biru membentang di bawahnya. Pemandangan dari atas bukit terlihat cantik dengan pemandangan laut membentang dan suara angin menderu.  

Tempat ini merupakan sebuah kawasan hutan lindung di ujung Pulau Weh. Pada sore hari kita bisa menyaksikan matahari terbenam karena berada ujung paling barat di pulau tersebut.
 

Sepanjang jalan menuju lokasi Tugu dikelilingi hutan dan pantai. Perjalanan ke sana adalah hal yang luar biasa. Puluhan monyet dapat dijumpai sepanjang jalan. Tertarik...? silahkan datang ke Sabang....


 
 
 
 
 
 
 
 


No comments:

Post a Comment