Saturday 8 July 2017

Cerita tentang Air Hangat Brumbung



Membahas mengenai cerita rakyat atas asal usul nama suatu tempat di bumi nusantara ini serasa tidak ada habisnya. Hampir di setiap daerah yang saya kunjungi pasti di masyarakatnya berkembang sebuah legenda yang tentunya selalu menarik untuk diulas.

Tak terkecuali cerita mengenai pemandian air hangat yang oleh masyarakat sekitar sering disebut sebagai Sendang Brumbung yang terletak di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.


Yuk kita baca sekilas ceritanya :
“Konon dahulu kala pemandian ini sering digunakan para wali, termasuk Sunan Drajat sebagai tempat berdiam diri. Kisah legenda sendang Brumbung berawal dari berubahnya warna dan rasa air sendang yang biasa digunakan oleh warga sekitar untuk minum, mandi, dan mencuci. Lantaran adanya perubahan itu banyak warga yang sakit dan akhirnya takut untuk menggunakan air sendang.

Kemudian berita tersebut terdengar oleh Sunan Drajat lalu beliau menolong warga dengan menancapkan tongkat ke tanah kapur di dekat sendang. Dari lubang tongkat itu keluar air tawar dan bersih. Keluarnya air tawar tersebut ternyata tak pernah berhenti. Airnya sampai tumpah berlebihan. Sunan Drajat kemudian meminjamkan bokor dan menyuruh warga untuk membersihkan air sendang hingga bersih.

Sampai dengan saat ini air di Sendang Brumbung masih digunakan oleh masyarakat untuk mandi dan berendam. Air sendang Brumbung juga dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan sejumlah penyakit, termasuk menyembuhkan penyakit kulit .”



Terlepas dari berbagai cerita yang berkembang di masyarakat yang jelas di lokasi pemandian sendang brumbung ini terdapat pemandangan alam yang sangat indah, dan tentunya dapat dijadikan referensi untuk dikunjungi ketika liburan.
 
 
 




No comments:

Post a Comment