Thursday 16 July 2015

Mampir di Toko Onde-onde Bo Liem Mojokerto



Mudik lebaran tahun ini giliran ke rumah orang tua saya yang ada di Jombang, kurang lebih diperlukan waktu tempuh 2 jam dari kediaman saya di Sidoarjo, itu dengan catatan jalanan tidak macet...hehe.....Di dalam perjalanan istri dan anak saya pingin mampir dulu ke Mojokerto. Bagi saya berkunjung ke Mojokerto belum lengkap jika tidak membawa oleh-oleh Onde-onde. Karena bisa dibilang jajanan yang satu ini sudah melegenda.

Sengaja saya datang ke pusat pembuatan onde-onde yang paling terkenal di kota ini yaitu Toko onde-onde Bo Liem yang konon pertama kali dirintis sejak 1929 oleh Mak Bo Liem, lalu diteruskan anak-anaknya. Adapun alamatnya yaitu di Jalan Empu Nala 43, Mojokerto. 

Kami membeli onde-onde hangat yang baru saja digoreng di sebuah wajan penggorengan besar. Harga sepaket onde-onde berisi 10 onde-onde yang rasa original (kacang hijau) Rp 35.000,- , dan untuk yang campur yaitu rasa keju, durian, coklat dan kacang hijau seharga Rp 40.000,-.

Ciri khas pada Onde-onde Bo Liem kental terasa di lidah saat kita menggigitnya. Rasa khas kacang hijau dalam onde-onde, lembut teksturnya benar terasa. Tak salah bila jajanan yang satu ini begitu lekat dengan Kota Mojokerto. Sayang rasanya jika singgah ke Mojokerto tapi belum pernah merasakan onde-onde yang satu ini. Pokoknya mantab deh......

No comments:

Post a Comment