Sunday 26 April 2015

Mampir di Museum Nike Ardilla



Sudah sekitar satu bulan lebih saya tidak update tulisan di blog, rasanya kangen juga utak-atik tulisan sambil mendokumentasikan obyek-obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang ingin saya tulis kali ini adalah salah satu museum yang ada di kota Bandung yang berlokasi di kawasan Jl. Soekarno Hatta. Kebetulan rumah teman saya berada tidak begitu jauh dari lokasi museum tersebut. Nama museumnya adalah Museum Nike Ardilla. 


Sebenarnya disini saya tidak akan menulis banyak tentang Nike Ardilla. Sudah terlalu banyak website, artikel dan blogs yang mengupas si Bintang Kehidupan dari berbagai sisi. Saya hanya berbagi pengalaman kunjungan ke museumnya saja. 

Museum Nike Ardilla adalah sebuah rumah tinggal yang ditempati oleh ibunda Nike, Ny. Ningsirat (atau biasa dipanggil Mamih). Museum Nike Ardilla, berada di lantai atas. Begitu masuk kedalam, tampak sebuah ruangan dengan ukuran yang tidak terlalu besar, berisi memorabilia sang mega bintang. Pandangan saya mulai menyapu setiap jengkal ruangan dan dinding museum. Tiba-tiba muncul rasa gairah dan antusias yang tidak bisa didefinisikan. 

Dinding museum pun mulai bercerita. Foto-foto Nike Ardilla sejak masih kecil dan remaja  dalam berbagai even tarik suara. Tabloid-tabloid yang memajang Nike menjadi covernya dibingkai dengan baik. Berbagai piagam penghargaan atas penjualan album-albumnya yang selalu best seller terpampang di dinding yang lain. Kostum-kostum panggung menempel di dinding dengan tempat khusus, disertai foto, atau cuplikan, kapan Nike menggunakan busana tersebut. Berbagai poster dan lukisan, dalam berbagai gaya dan ukuran terpajang dengan rapi. Disisi lain, berjejer rak-rak kaca, berisi aksesoris yang konon dipakai Nike Ardilla. Ada kalung, giwang, anting, kacamata dan sebagainya. Boleh jadi, semuanya tampak lawas, tapi 20 tahun lalu, aksesoris tersebut mungkin udah paling kece. 

 





Ada juga rak kaca yang lain, didalamnya ada passport atas nama Nike Ratnadilla dan buku tabungan BNI atas nama Nike Ardilla. Ada juga pernak-pernik koleksi pribadi Nike Ardilla, bernuansa Marlyn Monroe dari mulai dasi, mug, t-shirt, dan masih banyak lagi.

Ruangan yang didesain sama persis dengan kamar Nike.
 
 
 
  
Setelah mengambil beberapa gambar didalam museum, saya keluar dan melanjutkan ke beberapa lokasi lain yang ada di kota Bandung.
 


No comments:

Post a Comment